Learning the balance of life through Manual


Sumber : http://izquotes.com/quote/289580

Perkataan sederhana dari sang ilmuwan yang memiliki makna yang dalam. Ada yang berbeda dengan kesibukanku kali ini, setelah lama tak bersua dengan dunia tulis-menulis di blog karena beberapa kegiatan hingga akhirnya menyempatkan sedikit waktu untuk kembali memainkan jari-jari ini dengan tuas keyboard.

Manual, salah satu gerakan dalam bersepeda gunung yang kini menjadi favorit ketika menghabiskan waktu luang untuk bersepeda. Gerakan sederhana indah dilihat tapi sangat sulit dilakukan ini memiliki filosofi yang tidak sesederhana terlihat, kombinasi antara keseimbangan dan distribusi tenaga antara tubuh dan sepeda menjadi kunci keberhasilan dari gerakan ini. Teringat dengan perkataan seorang teman, jika gerakan freestyle akan mudah dikuasai ketika manual telah menjadi makanan sehari-hari. 

Dalam hidup, manual dapat kita analogikan dengan keseimbangan (balance), salah satu kunci dari keberhasilan hidup. Jika kita telaah, sejak kecil kita telah belajar keseimbangan ketika pertama kali belajar berjalan, ketika umur telah cukup untuk menaiki sepeda, bahkan ketika motor telah menjadi alat tranportasi yang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dalam bersepeda, salah satu gerakan yang dipelajari dan menjadi esensi  penting dapat kita lihat dalam Parkour, keseimbangan dilatih dengan quadrupedal atau gerakan ketangkasan lain yang mampu melatih gerakan seimbang praktisinya.

Betapa pentingnya keseimbangan, hingga Agama pun ikut mengingatkan. Tak hanya ibadah mahdhoh yang wajib dilakukan oleh manusia sebagai mahlukNya, mencari rizki dengan bekerja pun menjadi kewajiban agar tetap hidup dan mampu beribadah sesuai perintahNya. Rasulullah SAW pun memberi contoh bagaimana cara kita berperilaku dalam kehidupan sosial dan tidak hanya menghabiskan waktu dengan beribadah tanpa peduli dengan lingkungan dan mahluk di sekitar.

Banyak hal yang dapat terus kita pelajari jika kita mau melihat sekitar dengan tempo yang lebih lambat, hal yang sulit dilakukan di era yang menuntut hal yang serba cepat. 

Thanks to this 26player 

And this cody for letting me to feel the manual movement 

Comments

Popular Posts