Talk About Parkour: Imagination and Creativity

Pic Source : http://www.simonwhatley.co.uk/imagination-creativity-and-knowledge

Imagination and creativity, dua kata yang menggambarkan perspektif saya tentang Parkour sekarang ini. Dulu, dunia saya lekat sekali dengan kompetisi dan show off aspect, sejak masuk ke sekolah menengah pertama saya tertarik untuk mengikuti senam lantai, karena tertarik untuk belajar flip. Senam lantai memberikan saya keuntungan tersendiri dalam proses adaptasi dan progress yang saya miliki terhadap disiplin ini, kurang lebih membutuhkan waktu selama 1 tahun sehingga saya bisa melakukan gerakan-gerakan dasar Parkour (vaulting, climbing) dan gerakan diluar Parkour yaitu flip. flip selalu menjadi perdebatan pada periode tahun 2009 - 2010 akhir, dimana jumlah peminat Parkour mengalami peningkatan yang signifikan, perdebatannya tidak lain adalah apakah flip termasuk dalam gerakan Parkour ?. Tetapi lambat laun perdebatan tersebut hilang akibat menjamurnya video-video Parkour yang berkembang dengan jumlah yang banyak di Youtube, sehingga image orang awam terhadap olahraga ini sekarang ini lekat sekali dengan olahraga lompat-lompat gedung, yang salto-salto dan lain sebagainya.

Point penting dari seni bergerak ini sebenarnya terdapat dari sisi imajinasi dan kreatifitas para praktisinya dalam mengolah spot yang telah tersedia dengan gerakan-gerakan yang mementingkan keefektifan dan keefisiensian, sesuai dengan prinsip dasar Parkour bergerak dari point A ke B. kreatifitas dan imajinasi diinterpretasikan terlalu luas oleh para praktisinya tanpa memikirkan konteks yang lebih luas dan lebih penting yaitu SAFETY. apabila kita memahami dengan jelas makna dari imajinasi maka kita tidak perlu mengorbankan keselamatan diri kita hanya demi melakukan suatu gerakan Parkour, apalagi hanya untuk kepentingan video (dengan situs yang gratis untuk diakses) atau untuk membuat takjub orang yang melihat. Parkour bersifat individualis yang artinya gerakan yang dimiliki setiap individu berbeda dengan yang lain, hal tersebut lah yang membuat Parkour bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak kiri kita. Secara sadar maupun tidak sadar para praktisinya secara tidak langsung pasti memiliki "Parkour Vision" yaitu, dimana mata kita memandang, disitu kita terbayang melakukan gerakan Parkour di tempat tersebut. Di sinilah imajinasi kita telah terbentuk, otak kiri kita mulai terlatih untuk bekerja, seperti layaknya dunia anak-anak yang imajinatif dan terjebak dalam dunia permainannya sendiri, sehingga fungsi lain Parkour sebagai sarana untuk melepaskan kepenatan dari kehidupan sehari-hari yang mengharuskan manusia modern untuk terburu-buru baik urusan pekerjaan, kuliah, sekolah bisa berfungsi secara maksimal.

Apabila kita perhatikan video-video yang ada di Youtube sekarang ini, sering menimbulkan pertanyaan di benak saya "Apa perbedaan Parkour dengan Street Gymnastics ?", keduanya sama-sama membutuhkan aspek imajinasi dan kreatifitas dari masing-masing praktisinya. Bukan flip yang membuat kedua hal yang berbeda tersebut terlihat sama menurut saya, tetapi gerakan flow yang dilakukanlah yang sebenarnya membedakan kedua olahraga gerak tersebut, ketika Street Gymnastics bergerak dengan mengkombinasikan kemampuan flip yang mereka miliki, Parkour bergerak dengan mengkombinasikan kekuatan tubuh, kecepatan, imajinasi yang dimiliki dengan lingkungan yang ada (lingkungan perkotaan, hutan, skatepark dll). Street Gymnastics sekarang ini termasuk ke dalam olahraga seni baru yang terkenal dengan istilah Tricking. 
Parkour Literally


Parkour bukan hanya sekedar bergerak, tetapi makna dari kata Parkour itu sendiri memiliki arti yang luas, dan yang membedakan Parkour dengan olahraga seni bergerak yang lain adalah Parkour merupakan disiplin yang membentuk mental seseorang, budaya untuk bekerja keras dan usaha yang lebih dari orang lain. Yang paling penting adalah pembentukan MENTAL. Stephane Vigroux generasi kedua dari OT (Original Traceur) menulis dari artikel yang dia tulis : The identity of Parkour has been stolen and exploited http://asia.parkourgenerations.com/news/split-stephane-vigroux ). Parkour merupakan disiplin yang memerlukan latihan yang lama dan konsisten, karena disiplin tersebut bukan merupakan hal yang akan kita lakukan dalam waktu yang sementara, tetapi adalah hal yang akan kita lakukan sampai tua. The Way of Life
Stephane Talk About Parkour

Bergeraklah sekreatif dan seimajinatif mungkin, jangan lupakan aspek keselamatan. jangan bergerak karena kemauan orang lain, karena kita bukan topeng monyet



Comments

Popular Posts